Sunday, 14 October 2018

Pengertian Teks Fiksi adalah Cerita Rekaan Tentang Suatu Peristiwa Berdasarkan Imajinasi

Teks fiksi adalah cerita rekaan tentang peristiwa-peristiwa yang didasarkan pada imajinasi atau khayalan, bukan berdasarkan fakta atau kejadian yang sesungguhnya, hanya berdasarkan rekaan pengarang saja.

Dalam teks fiksi, kita mengenal istilah tokoh dan watak atau penokohan. Tokoh adalah pelaku yang mengalami peristiwa dalam cerita. Penokohan adalah cara pengarang menggambarkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Watak/penokohan dapat menggambarkan sifat, penampilan lahir, maupun batin pelaku cerita.

Berdasarkan peranannya dalam suatu cerita, tokoh dibedakan menjadi dua jenis, sebagai berikut :

  1. Tokoh protagonis merupakan tokoh yang mendukung cerita. Biasanya ada satu atau dua figur tokoh protagonis utama yang dibantu tokoh lain yang terlibat dalam cerita. Tokoh jenis ini biasanya berwatak baik, dan menjadi idola pembaca atau pendengar.
  2. Tokoh antagonis merupakan tokoh yang menjadi penentang cerita. Biasanya ada satu atau dua figur tokoh yang menentang cerita. Tokoh jenis ini berwatak jahat dan dibenci oleh pembaca atau pendengar. 

Teks cerita fiksi dapat kita lihat dari cerita yang disajikan dalam novel, cerpen, dan roman.

Contoh Teks Fiksi


Wayang? No or Yes?

oleh Arnetta Fasya Sayyidina

Suatu pagi yang cerah di daerah Los Angeles. Anak bernama Dania segera terbangun dari mimpi terakhirnya di Los Angeles. Hari ini, Dania dan keluarganya, akan pergi ke Indonesia. "Good morning, my honey!" sapa mama Dania.

"Mama! Jangan buat aku semakin ingin mengeluh deh," Dania menggerutu tiba-tiba.
"Loh? Mama kan hanya menyapamu," balas mama tak paham.

"Aku suka bahasa itu mah! Sekarang, mama, papa, ngajak aku pindah ke Indonesia! Yang bahasanya udah pasti jelek banget!" Dania menggerutu sebal. Padahal, Indonesia itu negara asalnya.

"Dania. Kamu itu asli Indonesia!" kata mama. Dania memang terlahir dari keluarga yang sangat cinta tanah air.

"Mama selalu bilang seperti itu!" Dania langsung ngambek dan membanting pintu kamar nya, Ckckkck.. Manja ya?

Triiingg. Alarm Dania berbunyi, Dania membuka selimutnya dan berjalan ke lantai bawah. la melewati tangga dengan mata setengah terpejam.

"Aaaaw!" Dania berteriak cukup kencang, mengagetkan seisi rumah. Mama yang sedang menyiapkan sarapan di meja makan, segera tergopoh-gopoh menuju tangga.

"Dania?! Kamu kenapa, Hone/?\" Mama tersentak melihat Dania jatuh dari tangga. Mama menuntun Dania ke ruang makan.

"Ini gara-gara Mama! Sudah aku bilang kan, Indonesia jelek, Ma! Lihat! Aku jatuh. Coba kalau kita masih di Los Angeles, aku gak pernah jatuh!" keluh Dania.

"Dania! Itu karena kamu berjalan masih tertidur! Jangan salahkan Indonesia seperti itu! Indonesia ini tanah airmu!" mama menasihati. Mama membuka ponselnya sebentar. "Oh ya, Dania," mama menghentikan ucapannya, "Mama sudah memasukkan kamu ke Sanggar Seni Budaya Wayang Kulit. Belajar memainkan wayang itu bagus, Iho! Di samping itu, kamu juga bisa mengenal corak batik di sana!" ucap mama penuh semangat.

"What! Aku! Mau belajar WAYANG!" Dania memuntahkan makanan yang sedang dikunyahnya.

"Iwwhh Mama! Bisa gaksih, cariin aku ekskul yang lebih bermutu?! Kayak Cheers, Dance, Collorgard.. dan..," sebelum Dania melanjutkan kata-katanya, mama menyerbunya.

"Dania! Justru ini bermutu! Apa manfaatnya kamu ikut Cheers? Hanya menari saja, Dance, Collorgard.. sama saja! Kalau kamu ikut ekskul wayang, kamu bisa mengenal Indonesia!" bantah mama atas tuduhan Dania bahwa Indonesia selalu jelek.

"Mom\ Are you know?\ I hate Indonesia very much\" Dania berlari meninggalkan meja makan. la mengurung diri di kamar, Dania tak ingin memasuki sekolah barunya.

Pada malam hah. Saat papa pulang, mama melaporkan semuanya pada papa. Papa pun mengetuk pintu kamar Dania lembut, tapi karena tak ada jawaban, akhirnya papa memaksa masuk. Dania tersentak kaget.

"Pa..Pa.. Papa." ucap Dania terbata.

"Dania!" ucap papa tegas. "Apa benar, kamu membentak mama tadi pagi? Apa benar kamu tidak mau sekolah dan mengurung diri di kamar, hanya karena tidak mau masuk Sanggar Seni Budaya Wayang Kulit?" tanya papa, sementara Dania ketakutan.

"Ee.. Ehmm.. I.. Iy..a.." Dania berucap ketakutan.

"DANIA!" kata papa keras. "Kenapa sih kamu benci sama Indonesia? Indonesia itu gak seperti yang kamu pikirkan! Indonesia itu indah! Banyak budayanya! Hanya wajah-wajah seperti kamu ini, yang membawa keburukan bagi bangsa ini!" Dania makin ketakutan.

"Papa jahat! Papa gak pernah ngerti Dania! Dania cuma mau tinggal di Los Angeles! Dania itu orang luar negeri, Pa! Dania lahirdi Los Angeles! Berarti, Dania orang luar negeri, Pa!" sahut Dania.

"Kamu jangan membantah Dania! Jangan soktau kamu! Kami adalah keturunan Bangsa Indonesia, begitu pula kamu!" sahut mama. Dania tak menyangka orangtuanya bisa begitu padanya. Selama ini Dania merasa bebas tidak diawasi.

"Mereka jahat! Gak pernah ngerti aku gak mau ninggalin Los Angeles!" ucap Dania bersungut-sungut.

Pagi itu, Dania bangun dengan muka kusut. la sangat sebal, hah ini harus berangkat ke sekolah yang menurutnya norak itu.

"Bagaimana, bagus kan bajunya?" tanya mama tersenyum.

"Bagus apa sih, Ma? Ini tuh, J E L E K, bangeeeeet!" ucap Dania sambil berpura-pura jijik pada bajunya.

"Sudahlah, ayo berangkat!" timpal papa.

"Pa, pasti, anak-anak Indonesia dekil dan bau ya? Karena mereka kan gak pernah mandi!" ejek Dania.
Papa membalas dengan masam. "Kamu jangan sombong dan berkata seperti itu, Dania!" Sesampai di sekolah,

"Wan, keren sekali mobilnya!" seru teman-teman baru Dania yang memandang mobil nan panjang milik Dania. Mobil itu ber-plat D 4 NIA. Norak banget sih! Lihat mobil begini saja sampai segitunya, batin Dania. Dania pun mencari kelas VI E3.

"Ini dia," ucap Dania memasuki kelasnya. Setelah pelajaran dimulai, Dania pun mengikuti pelajaran dengan malas. Huh, hari ini, ada les wayang! lih gak bagus banget deh! Biasanya, hari ini aku Nge Cheers sama Tanivsha, Janndhse, Chenneima, dan Galaxdy, gerutu Dania. Dania pun memasuki kelas wayang dan mulai berlatih..

"Wah, Wayang seru juga," ucapnya. Dari minggu ke minggu. Dania semakin menyukai wayang. Dan, Dania juga sangat cinta Indonesia. Mama dan papa jadi lebih sayang dan menyukai Dania yang sekarang tak suka marah-marah lagi dan gak manja lagi.

Setelah kamu membaca cerita fiksi diatas, coba jawab pertanyaan dibawah ini :
1. Apa Judul Cerita Di atas?
2. Sebutkan tokoh dan penokohan dalam cerita di atas?
3. Bagaimana watak Dania dalam cerita di atas ?
4. Apa yang tidak disukai Dania?
5. Apa yang menyebabkan Dania menyukai Indonesia?
Readmore → Pengertian Teks Fiksi adalah Cerita Rekaan Tentang Suatu Peristiwa Berdasarkan Imajinasi

Tuesday, 9 October 2018

Memahami dan Membuat Rangkuman Dari Wacana

Waktu itu sore hari. Banu sedang belajar di rumah bersama kawan-kawannya. Tiba-tiba Ayah Banu menghampiri mereka, lalu duduk bersama mereka.

"Sedang belajar apa ini?" tanya Ayah Banu. "Sedang belajar IPA Om..., tentang penggolongan makhluk hidup," jawab anak-anak. "Oh... ya, boleh tidak, Om... bercerita tentang makhluk hidup yang tinggal di hutan?" tanya Ayah Banu. " Boleh Om boleh, bagaimana ceritanya Om...?" tanya mereka.

Ayah banu mulai bercerita : "Ada tiga sahabat karib yang selalu bersama. Kemana-mana mereka bertiga. Senang-susah, suka-duka, dan melakukan pekerjaan apapun selalu saling membantu."
Nama-nama mereka antara lain : Ajin yaitu anak rajin, yang kedua Basop yaitu anak yang baik dan sopan, yang ketiga bernama Capin yaitu anak cakap dan pintar.

Suatu hari mereka mendapat tugas mengamati dan mencatat hewan yang tinggal di hutan. Mereka siap dengan pakaian, jaket, sepatu, tas punggung yang berisi bekal makan dan minum, serta perlengkapan lainnya.

Dalam perjalanan mereka berjanji, "Kita harus menjaga keselamatan bersama. Hidup-mati harus bertiga, saling menjaga dan membantu agar tugasnya lancar, mengingat di hutan bisa berbahaya."
Mereka bertiga berkeliling-keliling di hutan lestari. Disebut hutan lestari. karena pohon-pohon dan hewannya semua dilindungi. Mereka sudah banyak mencatat hewan yang dilihat dan ditemui. Pesan Guru mereka harus hati-hati. "Di hutan memang banyak binatang, tetapi jika tidak mengganggu, mudah-mudahan tidak apa-apa. Gajah, banteng, badak, kuda-nil, harimau sekalipun tidak akan menerkam kalian. Ingat beruang memang tidak berbahaya, tetapi kalau lapar kita bisa diserang, sampai tidak berdaya. Kalau sudah puas, musuhnya mati, baru beruang itu mau pergi," kata Pak Guru.

Hari sudah siang, mereka bermaksud istirahat makan. Tidak disangka beruang besar datang, kelihatannya lapar dan marah. Ajin dan Basop punya akal, segera merebahkan diri tidak bergerak lagi, seolah-olah sudah mati. Beruang menggoyang-goyangkan tubuh Ajin dan Basop. Keduanya tidak bergerak sama sekali, keduanya tetap diam. Maka beruang segera pergi. Benar beruang sudah puas karena musuhnya sudah mati.

Capin ketakutan, Capin segera memanjat pohon tinggi-tinggi. la gemetar melihat beruang yang berbahaya. Tetapi hati Capin merasa bersalah, karena telah ingkar janji.

Capin segera turun karena merasa sudah aman. Capin ingin menghampiri Ajin dan Basop. Capin merasa bersalah dan menduga bahwa Ajin dan Basop sudah tidak bernyawa. Capin baru menginjakkan tanah, serta-merta secepat kilat Beruang menyerang Capin. Dia teriak-teriak minta tolong sampai tak berdaya. Ajin dan Basop bangun, lalu melemparkan makanan ke arah Beruang yang sedang marah. Beruang tidak lagi menyerang, karena menggigit makanan dari Basop, lalu pergi menjauhkan diri dari mereka bertiga.

"Itulah cerita tiga sahabat, besok kita lanjutkan lagi," kata Ayah Banu. "Selamat belajar, mudah-mudahan kalian dapat menjelaskan cerita ini, tentang makna persahabatan dan akibat orang yang mengingkari janji," kata Ayah Banu lagi.
Pertanyaan :
  1. Siapakah yang sedang dibahas mereka?
  2. Apakah yang sedang dibahas mereka?
  3. Siapakah yang menghampiri dan duduk bersama mereka?
  4. Cerita apakah yang mereka dengar?
  5. Coba Jelaskan tentang pengertian nama-nama dari cerita tersebut?
  6. Apakah persiapan yang mereka lakukan untuk melaksanakan tugas gurunya?
  7. Mengapa salah satu dari mereka mamanjat pohon?
  8. Mengapa mereka tidak takut memasuki hutan?
  9. Apakah akibat seorang yang ingkar janji?
  10. Mengapa beruang itu akhirnya meninggalkan mereka?
Readmore → Memahami dan Membuat Rangkuman Dari Wacana

Thursday, 20 September 2018

Alat Gerak Hewan, Alat Gerak Manusia, Sistem Gerak Pada Manusia, Sistem Gerak Pada Hewan Vetebrata

Alat Gerak Hewan dan Manusia


Bergerak merupakan salah satu ciri-ciri dari makhluk hidup. Untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lain, manusia dan hewan  menggunakan alat gerak yang ada padanya. Dari sekian banyak makluk hidup masing-masing memiliki alat gerak, seperti kaki, sayap, sirip. atau otot perutnya. Disamping untuk sebagai alat untuk bergerak, alat gerak juga berfungsi untuk memegang, melompat, memanjat dan berenang.

Ada dua macam alat gerak yaitu : Alat Gerak Aktif dan Alat Gerak Pasif. Alat gerak aktif berupa otot dan alat gerak pasif berupa tulang. Otot dikatakan sebagai alat gerak aktif karena otot bisa bergerak, sedangkan tulang tidak bisa melakukan gerakan maka di sebut alat gerak pasif. Otot dan tulang yang ada pada manusia dan hewan bekerjasama ketika melakukan gerakan.

Sistem Gerak pada manusia 


Pertama adalah Tulang. Tulang dikategorikan alat gerak pasif. Kenapa tulang disebut sebagai alat gerak pasif, alasannya adalah tulang tidak akan dapat melakukan gerakan apapun tanpa adanya gerakan dari otot, maka gerakan tulang mengikuti gerakan dari otot. Tulang juga sebagai tempat melekatnya otot. Fungsi utama dari tulang adalah sebagai alat gerak pasif, maksudnya tulang bisa bergerak jika dibantu oleh otot.

Manusia memiliki kerangka tubuh dengan fungsi utamanya adalah sebagai penggerak tubuh, pembentuk tubuh, tempat melekatnya otot, tempat terjadinya proses pembentukan sel darah merah, dan alat gerak pasif.
Image result for sistem gerak ular

Yang dimaksud dari otot adalah jaringan yang terdapat di dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang bergunna untuk membantu tulang untuk dapat bergerak. Kalau tidak ada otot maka tulang tidak akan bisa bergerak.

Ada tiga jenis otot, yaitu : Otot Polos, Otot Lurik, dan Otot Jantung. Tiga jenis otot itu berdasarkan pada cara kerja serta struktur dari otot-otot tersebut.

Sistem Gerak Pada Hewan


Hewan Vetebrata

Sebagaimana halnya gerak pada manusia, hewan juga mempunyai dua jenis alat gerak yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. Perbedaannya terletak pada struktur yang melaksanakan jenis gerakan tersebut.

Gerak aktif dilakukan oleh otot, sedangkan gerak pasif dilakukan oleh tulang. Sebagai alat gerak aktif otot pada hewan dan manusia mempunyai 3 jenis didasarkan atas struktur dan cara kerja dari masing-masing otot. Tulang dibagi menjadi dua jenis didasarkan struktu yang menyusunnya.

Otot pada hewan dan manusia dibangun dari jaringan otot, dalam kehidupan sehari-hari otot disebut dengan daging atau urat. Sedangkan tulang merupakan jaringan ikat yang dibangun dari sel-sel tulang, yang berperan sangat penting dalam proses pembentukan darah.

Contoh Gerak pada Hewan Vertebrata


1. Kelinci mempunyai organ gerak yaitu Kaki yang berfungsi untuk meloncat dengan menggunakan kaki belakang sebagai tumpuan.
Image result for kelinci melompat menggunakan kaki bagian
2. Ular bergerak dengan menggunakan otot perut. 
Image result for alat gerak ular
3. Ikan memiliki organ gerak yaitu sirip dan ekor. Ekor berfungsi untuk mendorong tubuh sedang sirip berfungsi untuk mengatur arah gerakan, seperti gerakan keatas, kebawah, ke samping kiri, dan kesamping kanan.
Image result for alat gerak ikan
4. Burung memiliki Alat gerak Kaki, Sayap dan Ekor. Kaki berfungsi sebagai alat untuk bertengger atau berdiri, sayap berfungsi untuk terbang sedangkan ekor berfungsi untuk mengatur arah gerakan saat terbang.
Related image

5. Katak memiliki alat gerak kaki. Kaki belakang katak lebih panjang dari dari kaki depan. Kaki belakang berfunsi untuk melompat. Kaki katak yang berselaput fungsinya adalah untuk membantu disaat berenang di dalam air.
Image result for alat gerak katak
5. Burung Unta mempunyai alat gerak kaki dan sayap. Fungsi kaki adalah untuk berlari dan berjalan. Sayap pada burung unta tidak bisa untuk untuk terbang melainkan untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berlari.
Image result for alat gerak burung unta


Readmore → Alat Gerak Hewan, Alat Gerak Manusia, Sistem Gerak Pada Manusia, Sistem Gerak Pada Hewan Vetebrata

Saturday, 15 September 2018

Bahasa Merupakan Alat Komunikasi dan Alat Pemersatu Bangsa

BAHASAKU


Bahasa  merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan atau buah pikiran kepada orang lain. Bahasa juga merupakan alat yang efektif (tepat) untuk menggugah semangat orang. 

Dengan bahasa orang bisa bersatu, bisa senang, bisa tenteram, bisa damai, tetapi bisa juga sebaliknya. Bisa menimbulkan rasa sedih, ham, saling bermusuhan dan bahkan dengan bahasa, orang bisa terpecah belah.

Dalam Konggres Pemuda Indonesia, baik yang pertama maupun kedua, semua pemuda dari berbagai macam suku, telah membawa bahasa daerah masing-masing. Diantara ratusan bahasa daerah itu ada salah satu bahasa yang dapat dijadikan alat pemersatu, yaitu Bahasa Melayu.

Bahasa Melayu adalah bahasa yang sudah banyak dimengerti para pemuda saat itu. Selain mudah dipelajari, tidak mengenal perbedaan derajat seseorang, dan banyak kosa kata yang sama dari daerah lain. Sehingga dianggap paling tepat untuk dijadikan bahasa persatuan para pemuda saat konggres.

Sejak saat itu semua pemuda bertekad menggunakan Bahasa Melayu, sebagai bahasa persatuan Indonesia. Jadi bukan Bahasa Melayu lagi disebutnya, tetapi Bahasa Indonesia. Maka konggres mengikrarkan sumpah untuk menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia.

Sekarang sampai ke penjuru Indonesia, bahasa yang digunakan dalam acara resmi maupun pergaulan antarsuku, adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah alat pemersatu dan sumber kekuatan untuk membangun tanah air dan kecerdasan bangsa.

Bahasa daerah merupakan kekayaan budaya yang digunakan untuk pergaulan penduduk setempat.
Mari kita gunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi, maupun bahasa pergaulan dengan baik dan benar.

Setelah kamu memahami wacana diatas sekarang coba jawab pertanyaan berikut :

  1. Mengapa Bangsa Indonesia Perlu Bahasa Persatuan? .........................................................................................................................................................
  2. Bahasa suku manakah yang disebut sebagai induk Bahasa Indonesia ? .........................................................................................................................................................
  3. Kapankah Bahasa Indonesia diikrarkan sebagai bahasa persatuan? .........................................................................................................................................................
  4. Mengapa para pemuda memilih bahasa melayu sebagai bahasa persatuan Indonesia? ........................................................................................................................................................
  5. Apakah yang dimaksud menjunjung tinggi bahasa persatuan? ........................................................................................................................................................
  6. Bagaimana jika tidak ada bahasa resmi yang dijadikan alat pemersatu kita? ........................................................................................................................................................
  7. Apakah arti penting bahwa bahwa Indonesia sebagai alat mencerdaskan bangsa? ........................................................................................................................................................
  8. Coba berilah contoh kalimat pidato untuk menggugah semangat persatuan! ........................................................................................................................................................
  9. Ketika kita bersama tiga orang, yang satu orang lain suku, bolehkan yang dua orang menggunakan bahasa daerahnya, berilah alasannya? .........................................................................................................................................................
  10. Mengapa kita harus menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar ? .........................................................................................................................................................

Untuk melatih kemampuan Anda cobalah buat karangan dengan salah satu judul berikut :
  1. Menjunjung Tinggi Bahasa Persatuan.
  2. Aku cerdas dengan Berbahasa Indonesia.
Isilah teka-teki berikut dengan dengan benar.

Mendatar :
  1. Negara kita tercinta
  2. Lawannya mundur
  3. Alat komunikasi
  4. Waktu 24 jam dari pagi hingga pagi lagi
  5. Tidak bercerai-berai
Menurun :
  1. Enak dipandang/elok
  2. Berhubungan dengan orang lain
  3. Tanah yang ditanam tumbuh dengan baik
  4. Asal usul/induk Bahasa Indonesia
  5. Tidak berkurang/lengkap

Readmore → Bahasa Merupakan Alat Komunikasi dan Alat Pemersatu Bangsa

Tuesday, 11 September 2018

Melakukan Perintah Berdasarkan Penjelasan Yang Disampaikan Secara Lisan

DENGARKAN BAIK-BAIK AGAR KALIAN MENJADI ANAK KREATIF!

  1. Ambillah tempat air minum (botol) mineral bekas, ukuran besar.
  2. Guntinglah hati-hati untuk membentuk kaki kucing sedang duduk, berikuttangannya.
  3. Panaskan dengan uap air mendidih untuk membentuk lengkung kaki dan tangannya.
  4. Ambillah kain bekas untuk mengisi botol yang sudah digunting dan berbentuk, tambahkan kain untuk membentuk kepala bagian atas, yang berbentuk bulat seperti kepala kucing.
  5. Guntinglah kertas untuk membentuk telinga, lalu dilem/direkatkan.
  6. Lapisi kepala kucing dengan kain polos dengan warna yang kamu sukai.
  7. Lapisi pula badannya dengan kain polos menyesuaikan kepalanya.
  8. Guntinglah kertas warna/kain untuk membentuk mulut, mata, hidung, dan kumis, kemudian tempelkan pada bagian kepala.
  9. Buatlah variasi yang ditempelkan pada badan kucing, seolah-olah sedang bersama anaknya.
  10. Lapisi kaki dan tangan kucing itu supaya tidak tampak, bahwa itu plastik.
  11. Untuk memudahkan, perhatikan pula contoh berupa gambar berikut.


Simbol perangai/sikap manusia.

Pernahkah kalian menonton wayang golek atau wayang kulit? Pada wayang digambarkan tokoh baik dan jahat. Tokoh wayang yang baik digambarkan dengan penampilan dan warna yang lembut. Sedangkan tokoh jahat digambarkan dengan penampilan kasardan warna cat yang mencolok.

Pada gambar tokoh kartun yang sering kalian tonton di televisi, ada tokoh kartun yang baik dan ada pula tokoh kartun yang jahat.

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita marah, sedih dan senang. Dapatkah kalian membayangkan sikap kita waktu marah, tidak suka, sedih dan senang?

Warnailah pola gambar-gambar ini sesuai dengan perangainya!

Tokoh Wayang


Kira-kira gambar berikut merutmu menunjukan apa

Aku sedang.........................
Aku sedang.....................

Kamu bisa jawab pada kolom komentar di bawah

Bacalah cerita pengalaman Banu! 
Waktu itu sekolahku sedang mengadakan kerja bakti. Setiap murid supaya membawa satu batang pohon bibit untuk ditanam. Tujuannya untuk melaksanakan penanaman satu milyar pohon, dalam rangka mengurangi pemanasan global.

Aku membawa bibit pohon jambu biji. Bibit itu aku cangkok sendiri dari kebunku. Penanaman pohon ini, ditulisi nama penanamnya, lalu masing-masing merawatnya sampai tumbuh dan besar. Mengapa aku memilih pohon jambu biji? Karena aku ingat, pernah Pak Guru Agama menjelaskan: "Siapa yang menanam pohon lalu berbuah, kemudian buah itu dibagikan kepada orang lain, itu merupakan sedekah. Jika ada orang yang mencuri buah itu, juga merupakan sedekah. Jika penanam pohon itu meninggal dan masih berbuah, maka buah yang dimakan orang lain, itu sedekah pula." Apalagi buah jambu biji dapat meningkatkan trombosit bag\ penderita demam berdarah.
Aku sedang menggali tanah untuk kutanami pohon jambu, sambil membayangkan jambu yang kutanam akan subur, buahnya lebat, besar-besar, manis, isinya berwarna merah, tiba-tiba aku terkejut. Aku menemukan bungkusan plastik putih. Plastik itu kubuka pelan-pelan, sambil agakgemetar. "Oh..., ada amplop kertas kecil, dalamnya ada surat dan cincinnya." Kertas kubuka dan kubaca tulisannya : "Oh.., satu buah cincin emas 24 karat, berat 3 gram, dengan harga 900 ribu rupiah"

Aku tinggalkan semua alat dan pohon jambuku, lalu aku mencari Pak Guru. "Pak Guru, saya menemukan barang ini di lubang yang akan saya tanami. Saya takut ini dilihat Si-Aban (anak bandel), pasti barang ini akan direbutnya," kataku pada Pak Guru. "Baik ini saya simpan dahulu, nanti saya laporkan kepada Kepala Sekolah, agar diumumkan kepada semua murid dan orang tuanya, siapa yang merasa kehilangan," jawab Pak Guru. "Bagaimana jika ternyata tidak ada yang merasa kehilangan. Bolehkah ini kita jual untuk membantu pengobatan Sanusi yang sedang dirawatdi rumah sakit. Sebab Bapaknya Sanusi kemarin datang menghadap saya agar dibantu," kata Pak Guru.
"Baik Pak saya ikhlas, dan saya senang jika bisa membantu teman yang sedang kesusahan, seperti Sanusi itu," jawabku kepada Pak Guru.

Cobalah ceritakan pengalamanmu masing-masing kepada temanmu!

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
  1. Berilah judul tentang cerita Banu di atas!
  2. Apakah tujuan penanaman satu milyar pohon?
  3. Bagaimana agar penanaman pohon dapat berhasil tumbuh dan besar?
  4. Mengapa Banu memilih bibit pohon jambu biji?
  5. Apakah yang ditemukan di lubang yang akan ditanami oleh Banu?
  6. Bagaimana perasaan Banu ketika menemukan benda itu?
  7. Apa isi kertas itu?
  8. Apakah yang dikatakan Banu kepada Gurunya?
  9. Mengapa Pak Guru perlu melaporkan kepada Kepala Sekolahnya?
  10. Bagaimana jika barang itu ternyata tidak ada yang mengakuinya?
Nyanyikan lagu dengan nada "Menanam Jagung"

Ayo kawan kita bersama 
Menanam pohon dikebun kita 
Ambil cangkulmu Ambil pangkurmu 
Kita bekerja tak jemu-jemu 
Cangkul-cangkul-cangkul yang dalam 
Menanam pohon di kebun kita

Coba hitunglah! Kebun sekolah yang sudah ditanami pohon 897 meter persegi, yang belum ditanami 998 meter persegi, berapa luas kebun sekolah itu semua?

Menyiapkan alat peraga.
Siapkan alat peraga Blok Dienes seperti tampak pada gambar!


Dengan alat peraga di atas kalian dapat memperagakan penjumlahan, misalnya 345 + 342

Melakukan penjumlahan dengan teknik menyimpan.
misalnya 457 + 229
Berlatih

Gunakan Alat Peraga Apabila Diperlukan.

1.
668
+
331
=
……..

11.
625
+
183
=
……..
2.
119
+
440
=
……..

12.
765
+
136
=
……..
3.
616
+
232
=
……..

13.
778
+
215
=
……..
4.
661
+
335
=
……..

14.
423
+
285
=
……..
5.
172
+
417
=
……..

15.
644
+
127
=
……..
6.
655
+
323
=
……..

16.
658
+
251
=
……..
7.
729
+
150
=
……..

17.
792
+
150
=
……..
8.
811
+
167
=
……..

18.
791
+
158
=
……..
9.
555
+
344
=
……..

19.
556
+
337
=
……..
10.
721
+
176
=
……..

20.
726
+
136
=
……..

Menjumlah Cara Panjang dan Cara Pendek

1. Menjumlah cara Panjang

764
=
700
+
60
+
4


128
=
100
+
20
+
8
+



800
+
80
+
12
=
892

2. Menjumlah cara pendek





    1
567








252
+







819




Readmore → Melakukan Perintah Berdasarkan Penjelasan Yang Disampaikan Secara Lisan