Alat Gerak Hewan, Alat Gerak Manusia, Sistem Gerak Pada Manusia, Sistem Gerak Pada Hewan Vetebrata

Alat Gerak Hewan dan Manusia


Bergerak merupakan salah satu ciri-ciri dari makhluk hidup. Untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lain, manusia dan hewan  menggunakan alat gerak yang ada padanya. Dari sekian banyak makluk hidup masing-masing memiliki alat gerak, seperti kaki, sayap, sirip. atau otot perutnya. Disamping untuk sebagai alat untuk bergerak, alat gerak juga berfungsi untuk memegang, melompat, memanjat dan berenang.

Ada dua macam alat gerak yaitu : Alat Gerak Aktif dan Alat Gerak Pasif. Alat gerak aktif berupa otot dan alat gerak pasif berupa tulang. Otot dikatakan sebagai alat gerak aktif karena otot bisa bergerak, sedangkan tulang tidak bisa melakukan gerakan maka di sebut alat gerak pasif. Otot dan tulang yang ada pada manusia dan hewan bekerjasama ketika melakukan gerakan.

Sistem Gerak pada manusia 




Pertama adalah Tulang. Tulang dikategorikan alat gerak pasif. Kenapa tulang disebut sebagai alat gerak pasif, alasannya adalah tulang tidak akan dapat melakukan gerakan apapun tanpa adanya gerakan dari otot, maka gerakan tulang mengikuti gerakan dari otot. Tulang juga sebagai tempat melekatnya otot. Fungsi utama dari tulang adalah sebagai alat gerak pasif, maksudnya tulang bisa bergerak jika dibantu oleh otot.

Manusia memiliki kerangka tubuh dengan fungsi utamanya adalah sebagai penggerak tubuh, pembentuk tubuh, tempat melekatnya otot, tempat terjadinya proses pembentukan sel darah merah, dan alat gerak pasif.
Image result for sistem gerak ular

Yang dimaksud dari otot adalah jaringan yang terdapat di dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang bergunna untuk membantu tulang untuk dapat bergerak. Kalau tidak ada otot maka tulang tidak akan bisa bergerak.

Ada tiga jenis otot, yaitu : Otot Polos, Otot Lurik, dan Otot Jantung. Tiga jenis otot itu berdasarkan pada cara kerja serta struktur dari otot-otot tersebut.

Sistem Gerak Pada Hewan


Hewan Vetebrata

Sebagaimana halnya gerak pada manusia, hewan juga mempunyai dua jenis alat gerak yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. Perbedaannya terletak pada struktur yang melaksanakan jenis gerakan tersebut.

Gerak aktif dilakukan oleh otot, sedangkan gerak pasif dilakukan oleh tulang. Sebagai alat gerak aktif otot pada hewan dan manusia mempunyai 3 jenis didasarkan atas struktur dan cara kerja dari masing-masing otot. Tulang dibagi menjadi dua jenis didasarkan struktu yang menyusunnya.

Otot pada hewan dan manusia dibangun dari jaringan otot, dalam kehidupan sehari-hari otot disebut dengan daging atau urat. Sedangkan tulang merupakan jaringan ikat yang dibangun dari sel-sel tulang, yang berperan sangat penting dalam proses pembentukan darah.

Contoh Gerak pada Hewan Vertebrata


1. Kelinci mempunyai organ gerak yaitu Kaki yang berfungsi untuk meloncat dengan menggunakan kaki belakang sebagai tumpuan.
Image result for kelinci melompat menggunakan kaki bagian
2. Ular bergerak dengan menggunakan otot perut. 
Image result for alat gerak ular
3. Ikan memiliki organ gerak yaitu sirip dan ekor. Ekor berfungsi untuk mendorong tubuh sedang sirip berfungsi untuk mengatur arah gerakan, seperti gerakan keatas, kebawah, ke samping kiri, dan kesamping kanan.
Image result for alat gerak ikan
4. Burung memiliki Alat gerak Kaki, Sayap dan Ekor. Kaki berfungsi sebagai alat untuk bertengger atau berdiri, sayap berfungsi untuk terbang sedangkan ekor berfungsi untuk mengatur arah gerakan saat terbang.
Related image

5. Katak memiliki alat gerak kaki. Kaki belakang katak lebih panjang dari dari kaki depan. Kaki belakang berfunsi untuk melompat. Kaki katak yang berselaput fungsinya adalah untuk membantu disaat berenang di dalam air.
Image result for alat gerak katak
5. Burung Unta mempunyai alat gerak kaki dan sayap. Fungsi kaki adalah untuk berlari dan berjalan. Sayap pada burung unta tidak bisa untuk untuk terbang melainkan untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berlari.
Image result for alat gerak burung unta


Postingan populer dari blog ini

Pemahaman Lokasi Melalui Peta, Memperoleh Informasi Dari Peta, Judul Peta, Skala Peta, Skala Angka, Skala Garis atau Garis, Orientasi Utara, Simbol Peta, Simbol Titik, Garis, Warna, Koordinat