Melakukan Perintah Berdasarkan Penjelasan Yang Disampaikan Secara Lisan

DENGARKAN BAIK-BAIK AGAR KALIAN MENJADI ANAK KREATIF!

  1. Ambillah tempat air minum (botol) mineral bekas, ukuran besar.
  2. Guntinglah hati-hati untuk membentuk kaki kucing sedang duduk, berikuttangannya.
  3. Panaskan dengan uap air mendidih untuk membentuk lengkung kaki dan tangannya.
  4. Ambillah kain bekas untuk mengisi botol yang sudah digunting dan berbentuk, tambahkan kain untuk membentuk kepala bagian atas, yang berbentuk bulat seperti kepala kucing.
  5. Guntinglah kertas untuk membentuk telinga, lalu dilem/direkatkan.
  6. Lapisi kepala kucing dengan kain polos dengan warna yang kamu sukai.
  7. Lapisi pula badannya dengan kain polos menyesuaikan kepalanya.
  8. Guntinglah kertas warna/kain untuk membentuk mulut, mata, hidung, dan kumis, kemudian tempelkan pada bagian kepala.
  9. Buatlah variasi yang ditempelkan pada badan kucing, seolah-olah sedang bersama anaknya.
  10. Lapisi kaki dan tangan kucing itu supaya tidak tampak, bahwa itu plastik.
  11. Untuk memudahkan, perhatikan pula contoh berupa gambar berikut.


Simbol perangai/sikap manusia.

Pernahkah kalian menonton wayang golek atau wayang kulit? Pada wayang digambarkan tokoh baik dan jahat. Tokoh wayang yang baik digambarkan dengan penampilan dan warna yang lembut. Sedangkan tokoh jahat digambarkan dengan penampilan kasardan warna cat yang mencolok.

Pada gambar tokoh kartun yang sering kalian tonton di televisi, ada tokoh kartun yang baik dan ada pula tokoh kartun yang jahat.

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita marah, sedih dan senang. Dapatkah kalian membayangkan sikap kita waktu marah, tidak suka, sedih dan senang?

Warnailah pola gambar-gambar ini sesuai dengan perangainya!

Tokoh Wayang


Kira-kira gambar berikut merutmu menunjukan apa

Aku sedang.........................
Aku sedang.....................

Kamu bisa jawab pada kolom komentar di bawah

Bacalah cerita pengalaman Banu! 
Waktu itu sekolahku sedang mengadakan kerja bakti. Setiap murid supaya membawa satu batang pohon bibit untuk ditanam. Tujuannya untuk melaksanakan penanaman satu milyar pohon, dalam rangka mengurangi pemanasan global.

Aku membawa bibit pohon jambu biji. Bibit itu aku cangkok sendiri dari kebunku. Penanaman pohon ini, ditulisi nama penanamnya, lalu masing-masing merawatnya sampai tumbuh dan besar. Mengapa aku memilih pohon jambu biji? Karena aku ingat, pernah Pak Guru Agama menjelaskan: "Siapa yang menanam pohon lalu berbuah, kemudian buah itu dibagikan kepada orang lain, itu merupakan sedekah. Jika ada orang yang mencuri buah itu, juga merupakan sedekah. Jika penanam pohon itu meninggal dan masih berbuah, maka buah yang dimakan orang lain, itu sedekah pula." Apalagi buah jambu biji dapat meningkatkan trombosit bag\ penderita demam berdarah.
Aku sedang menggali tanah untuk kutanami pohon jambu, sambil membayangkan jambu yang kutanam akan subur, buahnya lebat, besar-besar, manis, isinya berwarna merah, tiba-tiba aku terkejut. Aku menemukan bungkusan plastik putih. Plastik itu kubuka pelan-pelan, sambil agakgemetar. "Oh..., ada amplop kertas kecil, dalamnya ada surat dan cincinnya." Kertas kubuka dan kubaca tulisannya : "Oh.., satu buah cincin emas 24 karat, berat 3 gram, dengan harga 900 ribu rupiah"

Aku tinggalkan semua alat dan pohon jambuku, lalu aku mencari Pak Guru. "Pak Guru, saya menemukan barang ini di lubang yang akan saya tanami. Saya takut ini dilihat Si-Aban (anak bandel), pasti barang ini akan direbutnya," kataku pada Pak Guru. "Baik ini saya simpan dahulu, nanti saya laporkan kepada Kepala Sekolah, agar diumumkan kepada semua murid dan orang tuanya, siapa yang merasa kehilangan," jawab Pak Guru. "Bagaimana jika ternyata tidak ada yang merasa kehilangan. Bolehkah ini kita jual untuk membantu pengobatan Sanusi yang sedang dirawatdi rumah sakit. Sebab Bapaknya Sanusi kemarin datang menghadap saya agar dibantu," kata Pak Guru.
"Baik Pak saya ikhlas, dan saya senang jika bisa membantu teman yang sedang kesusahan, seperti Sanusi itu," jawabku kepada Pak Guru.

Cobalah ceritakan pengalamanmu masing-masing kepada temanmu!

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
  1. Berilah judul tentang cerita Banu di atas!
  2. Apakah tujuan penanaman satu milyar pohon?
  3. Bagaimana agar penanaman pohon dapat berhasil tumbuh dan besar?
  4. Mengapa Banu memilih bibit pohon jambu biji?
  5. Apakah yang ditemukan di lubang yang akan ditanami oleh Banu?
  6. Bagaimana perasaan Banu ketika menemukan benda itu?
  7. Apa isi kertas itu?
  8. Apakah yang dikatakan Banu kepada Gurunya?
  9. Mengapa Pak Guru perlu melaporkan kepada Kepala Sekolahnya?
  10. Bagaimana jika barang itu ternyata tidak ada yang mengakuinya?
Nyanyikan lagu dengan nada "Menanam Jagung"

Ayo kawan kita bersama 
Menanam pohon dikebun kita 
Ambil cangkulmu Ambil pangkurmu 
Kita bekerja tak jemu-jemu 
Cangkul-cangkul-cangkul yang dalam 
Menanam pohon di kebun kita

Coba hitunglah! Kebun sekolah yang sudah ditanami pohon 897 meter persegi, yang belum ditanami 998 meter persegi, berapa luas kebun sekolah itu semua?

Menyiapkan alat peraga.
Siapkan alat peraga Blok Dienes seperti tampak pada gambar!


Dengan alat peraga di atas kalian dapat memperagakan penjumlahan, misalnya 345 + 342

Melakukan penjumlahan dengan teknik menyimpan.
misalnya 457 + 229
Berlatih

Gunakan Alat Peraga Apabila Diperlukan.

1.
668
+
331
=
……..

11.
625
+
183
=
……..
2.
119
+
440
=
……..

12.
765
+
136
=
……..
3.
616
+
232
=
……..

13.
778
+
215
=
……..
4.
661
+
335
=
……..

14.
423
+
285
=
……..
5.
172
+
417
=
……..

15.
644
+
127
=
……..
6.
655
+
323
=
……..

16.
658
+
251
=
……..
7.
729
+
150
=
……..

17.
792
+
150
=
……..
8.
811
+
167
=
……..

18.
791
+
158
=
……..
9.
555
+
344
=
……..

19.
556
+
337
=
……..
10.
721
+
176
=
……..

20.
726
+
136
=
……..

Menjumlah Cara Panjang dan Cara Pendek

1. Menjumlah cara Panjang

764
=
700
+
60
+
4


128
=
100
+
20
+
8
+



800
+
80
+
12
=
892

2. Menjumlah cara pendek





    1
567








252
+







819




Postingan populer dari blog ini

Pemahaman Lokasi Melalui Peta, Memperoleh Informasi Dari Peta, Judul Peta, Skala Peta, Skala Angka, Skala Garis atau Garis, Orientasi Utara, Simbol Peta, Simbol Titik, Garis, Warna, Koordinat

Alat Gerak Hewan, Alat Gerak Manusia, Sistem Gerak Pada Manusia, Sistem Gerak Pada Hewan Vetebrata