Menyusun Paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan, Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
PEMBELAJARAN 3 :
- Menyusun Paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
- Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Susunlah paragraf berdasarkan kalimat yang tersedia dengan memperhatikan gambar dan penggunaan ejaan, tanda baca, dan huruf kapital yang tepat!Untuk lebih mudah berilah nomor urutnya dahulu di kolom depan kalimat!
kambing jantan dan betina
|
|
bapaknya memelihara kambing
|
|
aku sering ke rumah sanusi
|
|
kambingnya dua ekor
|
anaknya dua ekor sehat-sehat
|
|
kedua anak kambing itu menyusu induknya
|
|
waktu ak kesana kambingnya beranak
|
|
kambing berkembang biak dengan beranak
|
induknya marah jika diganggu
|
|
badannya bertambah tinggi dan besar
|
|
anak-anak kambing mulai tumbuh
|
|
jadi hewan menanggapi rangsang
|
kambing butuh bergerak, makan dan minum
|
|
kandangnya harus bersih dan kering
|
|
kambing ditempatkan di kandang
|
|
jika dilepas dari kandangnya akan lari
|
Jika setiap kalimat sudah diurutkan nomornya, pindahkan ke dalam kota menulis karangan sesuai urutannya, jangan lupa penggunaan huruf kapital, ejaaan, dan tanda baca yang tepat.
Isilah teka-teki berikut supaya kamu memahami tentang cici-ciri umum dan kebutuhan hewan.
TEMPAT MENGARANG
Isilah teka-teki berikut supaya kamu memahami tentang cici-ciri umum dan kebutuhan hewan.
Pertanyaan Mendatar :
2 tidak diam =
3 Supaya kenyang =
4 Perlu ........ untuk tinggal
5 menghilangkan haus =
6 Perubahan menjadi besar dan tinggi
Coba kamu perhatikan tumbuhan yang ada sekitar kamu, apakah ciri-ciri dan kebutuhan tumbuhan sama dengan hewan?
Tuliskanlah jawaban kamu dari pertanyaan di bawah ini
1.
|
Apakah
tumbuhan perlu makan? Apakah makanan Tumbuhan? Dari manakah tumbuhan
memperoleh makanannya?
|
………………………………………………………………………………………………
|
|
2.
|
Apakah
tumbuhan juga perlu minum? Bagaimana caranya tumbuhan minum?
|
………………………………………………………………………………………………
|
|
3.
|
Apakah
tumbuhan juga tumbuh dan berkembang? Jelaskan pendapatmu!
|
………………………………………………………………………………………………
|
|
4.
|
Mengapa
tumbuhan perlu tempat untuk hidup?
|
………………………………………………………………………………………………
|
|
5.
|
Apakah
tumbuhan juga dapat bergerak seperti hewan?
|
………………………………………………………………………………………………
|
Kelompok Belajar
Dalam
kegiatan kelompok, Banu, Sanusi, Susi, Robet, dan Dodo berada dalam kelompok
belajar.
Oleh
ibu guru mereka mendapat tugas untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan
sekolah.
Tugas
yang harus diamati diantaranya makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan. Untuk
memudahkan mereka membagi tugas kerja. Ada yang mengamati tumbuhan, ada yang
mengamati benda hidup lainnya. Dalam pengamatan mereka mencata dan menceritakan
ciri-ciri dari masing-masing yang diamati.
Mereka
selalu ingat pesan ibu guru, bekerja dengan baik, teliti, dan bertanya kepada
orang lain, bila mengalami kesulitan.
Tugas
Lakukan kegiatan/pengamatan
Tuliskan hasil pengamatanmu pada kolom berikut!
Pengamatan I
Amati hewan berkaki 4!
No.
|
Nama Hewan
|
Kegiatan
|
|||||
Bergerak
|
Makan
|
Minum
|
Berkembang
Biak
|
Tumbuh
|
Menanggapi
rangsang
|
||
Keterangan: Cukup memberi tanda (√) bila benar dan X bila tidak benar.
Pengamatan II
Amati hewan berkaki 2!
No.
|
Nama Hewan
|
Kegiatan
| |||||
Bergerak
|
Makan
|
Minum
|
Berkembang Biak
|
Tumbuh
|
Menanggapi rangsang
| ||
Keterangan: Cukup memberi tanda (√) bila benar dan X bila tidak benar.
Tempat Membuat Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
|
Pengamatan III
Amati tumbuhan!
No.
|
Nama Tumbuhan
|
Kegiatan
| |||||
Bergerak
|
Makan
|
Minum
|
Berkembang Biak
|
Tumbuh
|
Menanggapi rangsang
| ||
Keterangan: Cukup memberi tanda (√) bila benar dan X bila tidak benar.
Tempat Membuat Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
|
Pengamatan IV
Amati makhluk tak hidup!
No.
|
Nama Benda
|
Kegiatan
| |||||
Bergerak
|
Makan
|
Minum
|
Berkembang Biak
|
Tumbuh
|
Menanggapi rangsang
| ||
Keterangan: Cukup memberi tanda (√) bila benar dan X bila tidak benar.
Tempat Membuat Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
|
Untuk Mengingat kembali:
1. Tuliskan ciri-ciri makhluk hidup!
2. Tulisan ciri-ciri makhluk tak hidup!