Menyusun Paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan, Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

PEMBELAJARAN 3 : 
  • Menyusun Paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
  • Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

Susunlah paragraf berdasarkan kalimat yang tersedia dengan memperhatikan gambar dan penggunaan ejaan, tanda baca, dan huruf kapital yang tepat!

Untuk lebih mudah berilah nomor urutnya dahulu di kolom depan kalimat!


kambing jantan dan betina

bapaknya memelihara kambing

aku sering ke rumah sanusi

kambingnya dua ekor


anaknya dua ekor sehat-sehat

kedua anak kambing itu menyusu induknya

waktu ak kesana kambingnya beranak

kambing berkembang biak dengan beranak

induknya marah jika diganggu

badannya bertambah tinggi dan besar

anak-anak kambing mulai tumbuh

jadi hewan menanggapi rangsang


kambing butuh bergerak, makan dan minum

kandangnya harus bersih dan kering

kambing ditempatkan di kandang

jika dilepas dari kandangnya akan lari

Jika setiap kalimat sudah diurutkan nomornya, pindahkan ke dalam kota menulis karangan sesuai urutannya, jangan lupa penggunaan huruf kapital, ejaaan, dan tanda baca yang tepat.


TEMPAT MENGARANG

Isilah teka-teki berikut supaya kamu memahami tentang cici-ciri umum dan kebutuhan hewan.

Pertanyaan Mendatar :
2 tidak diam =
3 Supaya kenyang =
4 Perlu ........ untuk tinggal
5 menghilangkan haus =
6 Perubahan menjadi besar dan tinggi

Coba kamu perhatikan tumbuhan yang ada sekitar kamu, apakah ciri-ciri dan kebutuhan tumbuhan sama dengan hewan?
Tuliskanlah jawaban kamu dari pertanyaan di bawah ini 

1.
Apakah tumbuhan perlu makan? Apakah makanan Tumbuhan? Dari manakah tumbuhan memperoleh makanannya?

………………………………………………………………………………………………
2.
Apakah tumbuhan juga perlu minum? Bagaimana caranya tumbuhan minum?

………………………………………………………………………………………………
3.
Apakah tumbuhan juga tumbuh dan berkembang? Jelaskan pendapatmu!

………………………………………………………………………………………………
4.
Mengapa tumbuhan perlu tempat untuk hidup?

………………………………………………………………………………………………
5.
Apakah tumbuhan juga dapat bergerak seperti hewan?

………………………………………………………………………………………………
Kelompok Belajar

Dalam kegiatan kelompok, Banu, Sanusi, Susi, Robet, dan Dodo berada dalam kelompok belajar.
Oleh ibu guru mereka mendapat tugas untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekolah.
Tugas yang harus diamati diantaranya makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan. Untuk memudahkan mereka membagi tugas kerja. Ada yang mengamati tumbuhan, ada yang mengamati benda hidup lainnya. Dalam pengamatan mereka mencata dan menceritakan ciri-ciri dari masing-masing yang diamati.
Mereka selalu ingat pesan ibu guru, bekerja dengan baik, teliti, dan bertanya kepada orang lain, bila mengalami kesulitan.

Tugas

Lakukan kegiatan/pengamatan
Tuliskan hasil pengamatanmu pada kolom berikut!

Pengamatan I
Amati hewan berkaki 4!

No.
Nama Hewan
Kegiatan
Bergerak
Makan
Minum
Berkembang Biak
Tumbuh
Menanggapi rangsang
































Keterangan: Cukup memberi tanda () bila benar dan X bila tidak benar.

Pengamatan II
Amati hewan berkaki 2!
No.
Nama Hewan
Kegiatan
Bergerak
Makan
Minum
Berkembang Biak
Tumbuh
Menanggapi rangsang
































Keterangan: Cukup memberi tanda () bila benar dan X bila tidak benar.

Tempat Membuat Kesimpulan


………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………


Pengamatan III
Amati tumbuhan!

No.
Nama Tumbuhan
Kegiatan
Bergerak
Makan
Minum
Berkembang Biak
Tumbuh
Menanggapi rangsang
































Keterangan: Cukup memberi tanda () bila benar dan X bila tidak benar.

Tempat Membuat Kesimpulan


………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Pengamatan IV
Amati makhluk tak hidup!

No.
Nama Benda
Kegiatan
Bergerak
Makan
Minum
Berkembang Biak
Tumbuh
Menanggapi rangsang
































Keterangan: Cukup memberi tanda () bila benar dan X bila tidak benar.

Tempat Membuat Kesimpulan


………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Untuk Mengingat kembali:
1. Tuliskan ciri-ciri makhluk hidup!
2. Tulisan ciri-ciri makhluk tak hidup!

Postingan populer dari blog ini

Pemahaman Lokasi Melalui Peta, Memperoleh Informasi Dari Peta, Judul Peta, Skala Peta, Skala Angka, Skala Garis atau Garis, Orientasi Utara, Simbol Peta, Simbol Titik, Garis, Warna, Koordinat

Alat Gerak Hewan, Alat Gerak Manusia, Sistem Gerak Pada Manusia, Sistem Gerak Pada Hewan Vetebrata