Pemahaman Lokasi Melalui Peta, Memperoleh Informasi Dari Peta, Judul Peta, Skala Peta, Skala Angka, Skala Garis atau Garis, Orientasi Utara, Simbol Peta, Simbol Titik, Garis, Warna, Koordinat

Pemahaman Lokasi Melalui Peta


Lokasi suatu tempat dapat dilihat pada sebuah peta. Peta adalah gambaran permukaan bumi pada suatu bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan skala. Pada peta terdapat sejumlah informasi yang menyertainya.  Kalian harus mampu  membaca peta agar dapat memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan.

Bagaimanakah memperoleh informasi pada sebuah peta?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut perhatikan peta berikut ini :
Selanjutnya lakukanlah aktivitas kelompok pada kotak aktivitas kelompok.

Aktivitas Kelompok
1. Perhatikan peta wilayah Indonesia berikut ini !
2. Uraikanlah posisi Indonesia dengan menjawab pertanyaan berikut !
    a. Negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia.
    b. Samudra yang mengelilingi wilayah Indonesia.
    c. Benua yang berdekatan dengan wilayah Indonesia.
    d. Batas wilayah Indonesia secara astronomis.
3. Deskripsikan keadaan muka bumi salah satu pulau besar di Indonesia.

Sebuah peta terdiri atas beberapa komponen penyusunnya. Komponen penyusunannya terdiri atas judul peta, orientasi utara, simbol peta, garis astronomis, inset, legenda, dan sumber peta.

Judul Peta


Judul peta menunjukkan isi suatu peta. Sebagai contoh, judul sebuah peta, "peta penggunaan lahan di Indonesia", maka isi dari peta tersebut adalah sebaran penggunaan lahan yang ada di Indonesia beruapa permukiman, hutan, perkebunan, dan lain-lain.

Skala Peta


Skala peta menunjukkan perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sesungguhnya di lapangan. Contoh, skala sebuah peta adalah 1 : 1.000.000, berarti objek yang jaraknya 1 cm di peta berbanding dengan 1.000.000 cm atau 1 km di lapangan. Skala peta dapat dibedakan menjadi skala angka dan skala garis atau grafis.

#Skala Angka


Skala angka berwujud perbandingan angka, misalnya 1:10.000. Jika tidak disebutkan satuannya di belakang angka tersebut berarti satuan yang digunakan adalah cm, sehingga skala angka tersebut dibaca 1 cm di peta sama dengan 10.000 cm di lapangan.

#Skala Garis atau Garis


Skala grafis adalah skala peta yang berbentuk garis dengan ukuran tertentu. Skala grafis biasanya ada dalam kolom legenda.

Jika contoh skala grafis tersebut dibuat skala angkanya, maka skalanya adalah 1 : 500.000 karena 1 cm di peta berbanding 5 km di lapangan. Satuan dalam kilometer diubah menjadi sentimeter, sehingga 5 km jika diubah ke dalam cm menjadi 500.000 cm. Karena itu, skala peta menjadi 1 : 500.000

Orientasi Utara


Biasanya sebuah peta memiliki orientasi arah utara. Bentuk orientasi ditunjukkan oleh simbol berbentuk panah dengan bentuk yang bervariasi. Penempatannya pada kolom legenda atau pada bagian yang kosong di muka peta.


Simbol Peta


Simbol peta adalah tanda khusus pada peta yang mewakili objek yang dipetakan. Tujuan simbol peta adalah untuk memudahkan pengguna peta dalam membaca dan memahami isi peta. Berdasarkan bentuknya, simbol peta dapat dibedakan menjadi :

1) Simbol Titik


Simbol titik pada peta dapat  beragam bentuknya. Simbol titik dapat berupa lingkaran, bujur sangkar, segitiga, dan lainnya. Lambang ibu kota biasanya diberi simbol bujur sangkar, gunung apa berbentuk segitiga dan ibukota kabupaten berbentuk lingkaran.

2) Simbol Garis


Simbol garis dapat digambar dalam beragam bentuk dan ukuran ketebalan. Ketebalan garis dapat diatur sesuai dengan kaidah perpetaan. Simbol jalan biasanya berupa garis kontinu (tana putus-putus) dengan ketebalan sesuai dengan kelas jalannya.

3) Simbol Warna


Simbol warna digunakan pada peta dengan aturan tertentu. Tidak sembarang warna dapat digunakan untuk objek-objek tertentu karena ada aturan perpetaan. Misalnya warna perairan (sungai, danau dan laut) diberi warna biru, jalan di beri warna merah, dan lain-lain. Warna ketinggian dan kedalaman disesuaikan dengan objeknya yang menunjukkan adanya perubahan secara teratur dan seterusnya. Misalnya, kedalaman laut diberi warna biru dengan tingkat perubahan yang teratur dari biru terang ke biru gelap.

4) Simbol Area


Objek yang digambar pada peta biasanya berupa ilustrasi dari objek yang ada di lapangan. Simbol area juga memiliki aturan tertentu dalam pemetaannya. Misalnya, area berupa sawah digambarkan dalam bentuk polygon tertutup yang didalamnya terdapat symbol tanaman padi.


Garis  Koordinat


Garis koordinat adalah garis khayal pada peta berupa koordinat peta dalam bentuk garis lintang dan garis bujur. Garis koordinat sangat penting pada peta karena akan menunjukkan lokasi pada peta di banding lokasi lainnya di permukaan bumi serta menggambarkan karakteristik suatu lokasi atau wilayah yang dipetakan. Sebagai contoh, suatu lokasi yang terletak pada lingtang tropis akan memiliki karakteristik iklim tropis.

Inset

Inset merupakan peta kecil yang ada pada suatu peta untuk menunjukkan lokasi daerah yang dipetakan diantara lokasi lainnya yang lebih luas.

Legenda


Legenda menunjukkan keterangan semua objek yang ada atau muncul pada muka peta. Pada legenda inilah seorang pembaca peta akan mengetahui tentang objek yang ada pada wilayah yang di petakan.

Postingan populer dari blog ini

Alat Gerak Hewan, Alat Gerak Manusia, Sistem Gerak Pada Manusia, Sistem Gerak Pada Hewan Vetebrata